Rabu, 15 Agustus 2018

Sejarah Kamera dan Perkembangannya

Sejarah Kamera - Kamera telah terbukti menjadi alat yang hebat untuk media massa, seni visual, dan untuk waktu masa lalu yang menyenangkan untuk dapat mengabadikan momen untuk diingat. Apakah Anda seorang fotografer profesional atau amatir, mengetahui sedikit lebih banyak tentang sejarah kamera dapat membantu Anda menghargai fotografi dan alat-alat yang Anda gunakan sedikit lebih banyak.

Sejarah kamera telah menunjukkan bagaimana kamera hari ini jauh berbeda dari apa yang dulu cukup instrumen mencari mentah. Ini telah didominasi oleh penemuan-penemuan modern seperti kamera refleks lensa tunggal digital yang merupakan versi perbaikan dari saudara-saudara refleks lensa tunggal yang lebih tradisional, kamera digital point and shoot yang dapat Anda bawa dengan nyaman di saku Anda, dan bahkan kamera smartphone yang datang hampir standar fitur banyak smartphone yang berbeda saat ini.

Inovasi digital ini ditambahkan ke sejarah fotografi dan dunia teknologi yang cepat berubah terus meningkatkan kamera yang digunakan orang saat ini. Mari kita lihat sejarah singkat kamera dan lihat seberapa banyak gadget ini telah berevolusi. 

Sebelum berpindah ke rincian sejarah kamera, mari kita pahami apa itu kamera terlebih dahulu. Dalam istilah yang paling sederhana, kamera adalah perangkat yang digunakan untuk mengambil foto dan merupakan alat utama yang digunakan untuk seni fotografi. Fotografi berasal dari kata Yunani "foto" yang berarti cahaya, dan "graphein" yang berarti "menggambar". Kata ini dalam sejarah fotografi pertama kali digunakan oleh Sir John FW Herschel pada tahun 1839.

Oleh karena itu kamera adalah alat yang menangkap cahaya dan merekam gambar dengan aksi cahaya atau bentuk radiasi terkait lainnya pada bahan sensitif. Kamera menggunakan lensa, cermin, sumber cahayanya sendiri, dan media tempat gambar yang diambil dapat disimpan. Jadi sekarang kita tahu, dalam istilah dasar, apa itu kamera, mari masuki sejarah kamera secara lebih detail.

Sejarah fotografi dan evolusi kamera seperti yang kita kenal sekarang ini mirip dengan itu dalam arti bahwa versi pertama dari kamera, meskipun dianggap cerdik pada masanya, adalah instrumen fotografi yang sangat kasar dibandingkan dengan yang canggih dan bahkan kamera pintar yang dimiliki orang hari ini.

"Kamera" pertama adalah kamera obscura atau kamera lubang jarum. Perangkat ini di timeline sejarah fotografi dikatakan tanggal kembali ke Yunani kuno dan Cina kuno. Perangkat memanfaatkan lubang jarum untuk memproyeksikan gambar tetapi proyeksi yang dihasilkan terbalik. Dikatakan bahwa Alhazen atau Ibn Al-Haytham, otoritas besar di bidang optik, kemudian dikenal dalam sejarah fotografi sebagai orang yang menciptakan kamera lubang jarum pada 1000 AD.

Pada hari-hari awal sejarah fotografi, kamera obscura digunakan untuk menonton gerhana matahari, yang paling terkenal dilakukan oleh Reiners Gemma Frisius dari Universitas Leuven pada 1544. Giovanni Batista della Porta merekomendasikan menggunakan perangkat ini sebagai bantuan untuk gambar ilmiah pada 1544. pada tahun 1685 ketika Johann Zahn membayangkan kamera kecil dan portabel pertama yang lebih dekat dengan gadget yang lebih kecil yang dikenal saat ini.

Meskipun mentah, kamera obscura yang merupakan perangkat pertama dalam sejarah kamera yang menunjukkan tanda-tanda pertama dari pembuatan perangkat yang lebih maju yang akan mengarah pada pengembangan kamera seperti yang kita kenal sekarang.

Dalam sejarah kamera, kamera obscura telah ada selama bertahun-tahun, tetapi tidak ada yang mampu menyimpan gambar dalam bentuk foto. Barulah pada tahun 1827 ketika Joseph Nicephore Niepce menggunakan kamera obscura untuk datang dengan heliographs atau sun prints yang membuatnya menjadi alat pertama yang digunakan dalam sejarah fotografi. Dapat dikatakan bahwa heliographs ini adalah prototipe dari foto-foto modern saat ini yang menggunakan cahaya untuk menggambar gambar.

Foto yang dihasilkan sangat berbeda dari foto-foto yang kita kenal sekarang. Niepce memanfaatkan ukiran dan pelat logam berlapis aspal yang kemudian terkena cahaya. Bagian yang lebih gelap dan gelap pada ukiran itu mampu menghalangi cahaya, tetapi area yang lebih terang memungkinkan cukup cahaya untuk bereaksi dengan bahan kimia di pelat logam. Gambar awalnya tidak terlihat, tetapi setelah menempatkan pelat logam dalam pelarut, itu membantu menghasilkan gambar ukiran. Ada dua kontra besar untuk metode ini, diperlukan delapan jam paparan untuk membuat gambar dan setelah itu muncul, cenderung memudar dengan cepat.

Niepce memiliki gagasan untuk mentransfer gambar di media lain untuk solusi yang lebih permanen, meskipun tidak cukup untuk dihitung sebagai sukses. Louis Daguerre, mitra Niepce mengerjakan gagasannya setelah Niepce meninggal pada 1833. Empat tahun kemudian, Daguerre berhasil menciptakan daguerreotype yang merupakan proses fotografi praktis pertama. Dia meluncurkan daguerreotype pada tahun 1839 di mana ia menunjukkan bagaimana ia menggunakan lembaran tembaga berlapis perak yang memiliki uap yodium untuk membantu memberikan lapisan peka cahaya yang merupakan perak iodida. Citra yang dihasilkan dikembangkan dalam uap merkuri yang kemudian diperbaiki dengan larutan natrium klorida yang kuat. Cukup banyak campuran bahan kimia, bukankah begitu?

Kamera daguerreotype adalah perangkat berbentuk kotak yang dibuat oleh Maison Susse Frères pada tahun 1839. Perangkat ini memiliki lensa yang dibuat oleh Charles Chevalier. Pada tahun 1841, Henry Fox Talbot datang dengan proses yang lebih sempurna yang disebut calotype yang memanfaatkan kamera yang seperti apa yang dibayangkan Zahn. Gambar yang dihasilkan dari proses ini dipindahkan pada selembar kertas atau pelat peka. Dia dikatakan sebagai penemu negatif pertama, dan istilah "calotype" adalah istilah Yunani yang berarti "gambar yang indah".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar